MIRIP-MIRIP TAPI TAK SAMA: PAHAMI DULU TENTANG INBOUND VS OUTBOND!
INBOND VS OUTBOND: BEDAH GAYA MARKETING DI ERA DIGITAL
Dalam era yang sudah mengandalkan teknologi di dalam konteks apapun, sudah tidak asing lagi bagi perusahaan berkomunikasi dengan konsumen ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Topik penting yang harus kalian ketahui dalam dunia pemasaran adalah perbedaan outbond dan inbound. Dalam menjangkau pelanggan dan tujuan mana yang sesuai dengan bisnis yang kita buat kita perlu mengetahui pendekatan kedua strategi marketing tersebut, karena kedua strategi marketing itu memiliki pendekatan yang tentu berbeda.
📌 Pemahaman: Inbound Marketing
Pasti banyak dari kalian bertanya-tanya, apa sih Inbound Marketing itu?. Inbound marketing adalah strategi pemasaran yang memiliki fokus untuk menarik perhatian pelanggan secara alami dengan media konten yang relevan dengan apa yang ingin diiklankan serta mempunya nilai yang tinggi. Di mana pendekatan Inbound marketinmg ini bukan hanya untuk sekedar menjual produknya, tetapi juga dimana perusahaan dapat memposisikan brand sebagai solusi yang bisa menyelesaikan masalah pelanggannya.
Tujuan utama sebuah perusahaan memakai strategi Inbound Marketing dalah untuk menarik, melibatkan, serta menyenangkan pelangganya dengan media konten yang mereka buat khusus untuk kebutuhan promosi mereka.
Contoh dari strategi Inbound ini, seperti:
- Video Tutorial menggunakan produk di YouTube,
- Infografis di Instagram,
- konten dengan memanfaat Trend di TikTok
📌 Pemahaman: Outbound Marketing
Kalau Inbound itu berfokus pada menarik perhatian, lalu, Outbond itu apa?. Outbond Marketing itu adalah stretgi marketing yang metodenya itu lebih tradisional dan bersifat interupsi, di mana tanpa audiens minta, perusahaan ini akan menawarkan produk yang mereka iklankan secara langsung kepada mereka. Tujuan mereka menggunakan strategi marketing adalah untuk menjangkau orang sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat, dengan harapan ada yang tertarik dan merespon.Contoh dari strategi Outbond ini, seperti:
- Baliho ataupun spanduk yang ada di jalan
- Telepon dan Email tanpa adanya segmentasi
- Iklan di Televisi dan Pop-up Ads di situs web
📌 Perbandingan: Outbound Marketing
✍️ Kesimpulan
Walaupun Inbound dan Outbound memiliki perbedaan yang signifikan, tetapi tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk, karena semua ini tergantung pada tujuan, anggaran, serta jenis bisnis perusahaan tersebut. Namun, untuk di era digital ini Strategi Inbound lebih menguntungkan karena dapat membandung brand awareness serta loyalitas pelanggan dalam kurun waktu yang lama, dibandingkan dengan Outbound yang memiliki resiko mengganggu audiens yang tinggi.
Kunjungi :
Contact Business
Email : nazwasyifasatibi@gmail.com
IG : nazwashivas



Comments
Post a Comment