MARKETPLACE, MEDIA SOSIAL, ATAU WEBSITE ?
Perbandingan : Keuntungan dan Kelemahan dari Setiap Platfrom
1. MARKETPLACE
a.
Keuntungan Marketplace
o Mudah Mendapat Pelanggan
Setiap marketplace sudah pasti memiliki pengguna dari aplikasi tertentu yang sangat besar dan juga aktif. Banyaknya tawaran promo dari aplikasi tertentu yang diberikan kepada pengguna, membuat pengguna menjadi aktif dalam menggunakan aplikasi marketplace tersebut. Dan hal ini sangat membantu untuk para perintis usaha dalam mengiklankan produk mereka tanpa harus melakukan pemasaran sendiri dari awal.
o
Mempunyai Sistem Pembayaran Yang Aman Dan Mudah
Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan e-wallet yang disediakan oleh aplikasi marketplace. Hal itu memudahkan pengguna aplikasi marketplace tersebut dalam berbelanja hanya dalam satu aplikasi saja. Tentu saja bukan hanya mudah tetapi juga aman dalam proses pembayaran, dan hal ini juga dapat membangun rasa kepercayaan anatar penjual dan pembeli.
o Fasilitas Promosi Yang Diberikan
Seperti yang saya sudah bicarakan diatas setiap
aplikasi marketplace, pasti sering memberikan banyak fitur promosi untuk
penggunanya. Banyak dari pengguna yang menyukai salah satu aplikasi marketplace
tersebut karena memberikan banyak fitur promosi seperti flash sale, voucher
gratis ongkir, dan lain-lain.
b.
Kelemahan Marketplace
o Banyaknya Pesaing
Jika kita mencari sesuatu barang di marketplace akan banyak sekali pilihan dari toko yang berbeda dengan harga yang jauh berbeda. Hal ini membuat produk yang dijual akan bersaing dengan banyaknya pesaing lainnya dalam satu aplikasi marketplace.
o Adanya
biaya Tambahan
Banyaknya biaya tambahan komisi dan layanan yang diberikan kepada pengguna marketplace membuat pengguna pindah ke marketplace lainnya. Dan hal tersebut dapat mengurangi keuntungan yang didapatkan oleh penjual.
2. MEDIA SOSIAL
a.
Keuntungan Media Sosial
o Mempunyai Interaksi Yang Tinggi
Dengan adanya media sosial, para penjual dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan potensialnya. Pelanggan potensial itu sendiri adalah seseorang yang besar kemungkinan akan membeli produk yang ditawarkan.
o Modal Dengan Biaya Yang Rendah
Dalam membuka akun media sosial untuk sebuah bisnis , para penjual tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Dan para penjual juga dapat melakukan promosi untuk produk yang di tawarkan tanpa adanya biaya untuk membayar iklan. Tetapi, beberapa media sosial juga menyediakan iklan berbayar agar konten promosi yang kita buat lebih sering di jumpai pelanggan potensional.
o Trend Marketing
Dengan banyak hal yang menjadi trend atau viral yang ada di media sosial ini dapat memudahkan para penjual dalam memasarkan produk mereka. Dengan acuan hal trend atau viral ini, konten yang pelaku bisnis buat ini mendapatkan kemungkinan besar ketertarikan pelanggan kepada produk yang ditawarkannya. Dengan fitur like, share, dan comment yang ada dalam media sosial ini dapat meningkatkan engagement kepada suatu konten marketing tersebut.
b.
Kelemahan Media Sosial
o Mempunya Algoritma Yang Acak
Pengguna media sosial baik itu influrncer ataupun pembisnis sering kali mengeluh tentang algoritma dalam sesuatu aplikasi media sosial yang tidak konsisten atau sangat acak. Algoritma ini sangat berpengaruh dalam mengiklankan suatu produk, karena dapat mempengaruhi jangkauan konten kepada pelanggan yang potensial atau target marketing sebuah pelaku bisnis.
3. WEBSITE
Website sendiri ini merupakan pilihan yang tepat bagi para pelaku bisnis yang ingin mengendalikan secara penuh untuk semua aspek dalam bisnis online yang mereka dirikan. Dalam website ini juga para pelaku bisnis juga dapat mengendalikan branding usaha yang mereka dirikan sesuai dengan ciri khasnya. Tetapi, disamping itu websit juga memiliki keuntungan dan kelemahannya sendiri, yaitu:
a.
Keuntungan Website
o Branding
Yang Dapat Dikontrol Penuh
Seperti yang sudah dibahas diatas, website ini sangat cocok pagi para pelaku bisnis yang ingin mempunyai kontrol penuh ataupun kebebasan dalam membuat citra bisnis dan visi bisnis nya sesuai dengan keinginannya. Dan hal tersebut juga dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan yang tinggi serta kesan yang professional dalam melakukan sebuah bisnis.
o Ketiadaan
Komisi Untuk Pihak Ketiga
Berbanding terbalik dengan marketplace yang mempunyai
biaya komisi yang membuat uang yang masuk dari pelanggan tidak langsung masuk
ke rekening pribadi, website tidak menerapkan hal tersebut. Semua keuntungan
yang pelaku bisnis dalam berjualan dengan website ini langsung masuk ke
rekening pribadi mereka tanpat adanya potongan.
b.
Kelemahan Website
o Biaya
Yang Lebih Tinggi
Dalam membuat website untuk bisnis itu dangat diperlukan biaya untuk domain, hostosting, serta juga pengembangannya. Dalam pengembangan sebuat website, biasanya juga memerlukan waktu yang tidak singkat, karena pelaku bisnis juga harus mempebarui situs secara berkala.
o Memerlukan
Ahli Teknis
Tidak semua pelaku bisnis dapat membuat ataupun mengelola
website. Banyak dari pelaku bisnis yang masih tidak memiliki pengetahuan sama
sekali tentang teknologi. Maka dari itu pelaku bisnis tersebut memerlukan biaya
lagi untuk memperkerjakan sesorang yang ahli dalam bidang tersebut.
Jadi kesimpulannya, menurut saya
sendiri dari ketiga platfrom diatas yang sudah saya bahas, media sosial lah
yang lebih baik dibandingkan dengan dua platfrom lainnya. Dimana dalam era
modern ini semua orang pasti memiliki media sosial yang beragam dan juga media
sosial ini pasti digunakan oleh mereka sehari-hari. Banyaknya pengguna media sosial
ini disebabkan oleh banyaknya hal dapat kita temukan di media sosial seperti
hiburan, rekomendasi produk, dan lain-lain. Adanya fitur yang mencantumkan link
untuk langsung membeli produk yang dipasarkan ini sangat memudahlan para pelanggan
dalam membeli suatu produk dan juga dapat membantu para penjual untuk menarik
lebih perhatian pelanggan tersebut dengan ditambahkannya promo-promo menarik
yang disediakan.
Dan bagi saya branding di media
sosial juga tidak begitu sulit apabila kita fapat mengelolanya dengan benar walaupun
adanya keterbatasan dari aplikasinya. Cara mengiklankan suatu produk di media
sosial juga tidak begitu sulit karena kita bisa mengetahui hal-hal apa yang
sedang trend atau viral pasa saat itu, dan itu dapat meningkatkan engagement konten-konten
marketing yang dibuat oleh pelaku usaha.
Kunjungi :






Comments
Post a Comment