MARKETPLACE, MEDIA SOSIAL, ATAU WEBSITE ?

 

Perbandingan : Keuntungan dan Kelemahan dari Setiap Platfrom

 


Halo temen-temen, gimana kabarnya? 

Disini aku ingin membahas hal baru yang dimana masih seputar e-commerce nih, temen-temen. Setelah pembahasan perbedaan antara e-commerce dan e-businnes kemarin sepertinya sudah mulai paham ya perbedaan dan contoh dari keduanya. Sekarang kita akan berpindah ke pembahasan selanjutnya ya. 

Karena kita berada di era yang sudah modern ini, dimana teknologi itu sudah hal umum yang dapat digunakan oleh manusia. Segala kegiatan yang kita lakukan sudah menggunakan teknologi, seperti berjualan online yang sudah menjadi opsi paling utama bagi para penjual. Dan kalian tahu gak sih kalo pilihan platform untuk bejualan online tuh banyak banyak jenisnya?, contohnya marketplace, media sosial, sampai website yang dibuat oleh toko itu sendiri loh. 

Tapi, disamping itu banyaknya platform yang dapat digunakan untuk berjualan online tersebut, berbagai platform itu pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Maka dari itu, hal ini lah yang akan aku bahas di blog aku kali ini.


1. MARKETPLACE 







Seperti yang ada dalam pembahasan kemarin, marketplace itu contohnya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Dimana contoh tersebut itu merupakan platform yang dibuat khusus untuk kegiatan jual beli secara online. Lalu, keuntungan dan kelemahan dari marketplace itu sendiri, sebagai berikut: 


a.       Keuntungan Marketplace

o   Mudah Mendapat Pelanggan 

Setiap marketplace sudah pasti memiliki pengguna dari aplikasi tertentu yang sangat besar dan juga aktif. Banyaknya tawaran promo dari aplikasi tertentu yang diberikan kepada pengguna, membuat pengguna menjadi aktif dalam menggunakan aplikasi marketplace tersebut. Dan hal ini sangat membantu untuk para perintis usaha dalam mengiklankan produk mereka tanpa harus melakukan pemasaran sendiri dari awal.

o   Mempunyai Sistem Pembayaran Yang Aman Dan Mudah

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan e-wallet yang disediakan oleh aplikasi marketplace. Hal itu memudahkan pengguna aplikasi marketplace tersebut dalam berbelanja hanya dalam satu aplikasi saja. Tentu saja bukan hanya mudah tetapi juga aman dalam proses pembayaran, dan hal ini juga dapat membangun rasa kepercayaan anatar penjual dan pembeli.

o   Fasilitas Promosi Yang Diberikan

Seperti yang saya sudah bicarakan diatas setiap aplikasi marketplace, pasti sering memberikan banyak fitur promosi untuk penggunanya. Banyak dari pengguna yang menyukai salah satu aplikasi marketplace tersebut karena memberikan banyak fitur promosi seperti flash sale, voucher gratis ongkir, dan lain-lain.

 

b.      Kelemahan Marketplace

o   Banyaknya Pesaing

Jika kita mencari sesuatu barang di marketplace akan banyak sekali pilihan dari toko yang berbeda dengan harga yang jauh berbeda. Hal ini membuat produk yang dijual akan bersaing dengan banyaknya pesaing lainnya dalam satu aplikasi marketplace.

o   Adanya biaya Tambahan

Banyaknya biaya tambahan komisi dan layanan yang diberikan kepada pengguna marketplace membuat pengguna pindah ke marketplace lainnya. Dan hal tersebut dapat mengurangi keuntungan yang didapatkan oleh penjual. 


2. MEDIA SOSIAL







Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan fitur jualan online yang ada dalam media sosial yang kita sering gunakan seperti Instagram, TikTok, Youtube, dan lain-lain. Di era modern ini media sosial bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi, tetapi dapat digunakan juga sebagai platfrom yang dapat membangun hubungan dengan pelanggan oleh pelaku bisnis. Dan media sosial juga mempunyai keuntungan dan kelemahannya, sebagai berikut:


a.       Keuntungan Media Sosial

o   Mempunyai Interaksi Yang Tinggi

Dengan adanya media sosial, para penjual dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan potensialnya. Pelanggan potensial itu sendiri adalah seseorang yang besar kemungkinan akan membeli produk yang ditawarkan.

o   Modal Dengan Biaya Yang Rendah

Dalam membuka akun media sosial untuk sebuah bisnis , para penjual tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Dan para penjual juga dapat melakukan promosi untuk produk yang di tawarkan tanpa adanya biaya untuk membayar iklan. Tetapi, beberapa media sosial juga menyediakan iklan berbayar agar konten promosi yang kita buat lebih sering di jumpai pelanggan potensional.  

o   Trend Marketing

Dengan banyak hal yang menjadi trend atau viral yang ada di media sosial ini dapat memudahkan para penjual dalam memasarkan produk mereka. Dengan acuan hal trend atau viral ini, konten yang pelaku bisnis buat ini mendapatkan kemungkinan besar ketertarikan pelanggan kepada produk yang ditawarkannya. Dengan fitur like, share, dan comment yang ada dalam media sosial ini dapat meningkatkan engagement kepada suatu konten marketing tersebut.  

 

b.      Kelemahan Media Sosial

o   Mempunya Algoritma Yang Acak

Pengguna media sosial baik itu influrncer ataupun pembisnis sering kali mengeluh tentang algoritma dalam sesuatu aplikasi media sosial yang tidak konsisten atau sangat acak. Algoritma ini sangat berpengaruh dalam mengiklankan suatu produk, karena dapat mempengaruhi jangkauan konten kepada pelanggan yang potensial atau target marketing sebuah pelaku bisnis.

 

3. WEBSITE 









Website sendiri ini merupakan pilihan yang tepat bagi para pelaku bisnis yang ingin mengendalikan secara penuh untuk semua aspek dalam bisnis online yang mereka dirikan. Dalam website ini juga para pelaku bisnis juga dapat mengendalikan branding usaha yang mereka dirikan sesuai dengan ciri khasnya. Tetapi, disamping itu websit juga memiliki keuntungan dan kelemahannya sendiri, yaitu:

a.       Keuntungan Website

o   Branding Yang Dapat Dikontrol Penuh

Seperti yang sudah dibahas diatas, website ini sangat cocok pagi para pelaku bisnis yang ingin mempunyai kontrol penuh ataupun kebebasan dalam membuat citra bisnis dan visi bisnis nya sesuai dengan keinginannya. Dan hal tersebut juga dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan yang tinggi serta kesan yang professional dalam melakukan sebuah bisnis.

o   Ketiadaan Komisi Untuk Pihak Ketiga

Berbanding terbalik dengan marketplace yang mempunyai biaya komisi yang membuat uang yang masuk dari pelanggan tidak langsung masuk ke rekening pribadi, website tidak menerapkan hal tersebut. Semua keuntungan yang pelaku bisnis dalam berjualan dengan website ini langsung masuk ke rekening pribadi mereka tanpat adanya potongan.

 

b.      Kelemahan Website

o   Biaya Yang Lebih Tinggi

Dalam membuat website untuk bisnis itu dangat diperlukan biaya untuk domain, hostosting, serta juga pengembangannya. Dalam pengembangan sebuat website, biasanya juga memerlukan waktu yang tidak singkat, karena pelaku bisnis juga harus mempebarui situs secara berkala.

o   Memerlukan Ahli Teknis

Tidak semua pelaku bisnis dapat membuat ataupun mengelola website. Banyak dari pelaku bisnis yang masih tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang teknologi. Maka dari itu pelaku bisnis tersebut memerlukan biaya lagi untuk memperkerjakan sesorang yang ahli dalam bidang tersebut.

 

Jadi kesimpulannya, menurut saya sendiri dari ketiga platfrom diatas yang sudah saya bahas, media sosial lah yang lebih baik dibandingkan dengan dua platfrom lainnya. Dimana dalam era modern ini semua orang pasti memiliki media sosial yang beragam dan juga media sosial ini pasti digunakan oleh mereka sehari-hari. Banyaknya pengguna media sosial ini disebabkan oleh banyaknya hal dapat kita temukan di media sosial seperti hiburan, rekomendasi produk, dan lain-lain. Adanya fitur yang mencantumkan link untuk langsung membeli produk yang dipasarkan ini sangat memudahlan para pelanggan dalam membeli suatu produk dan juga dapat membantu para penjual untuk menarik lebih perhatian pelanggan tersebut dengan ditambahkannya promo-promo menarik yang disediakan.

Dan bagi saya branding di media sosial juga tidak begitu sulit apabila kita fapat mengelolanya dengan benar walaupun adanya keterbatasan dari aplikasinya. Cara mengiklankan suatu produk di media sosial juga tidak begitu sulit karena kita bisa mengetahui hal-hal apa yang sedang trend atau viral pasa saat itu, dan itu dapat meningkatkan engagement konten-konten marketing yang dibuat oleh pelaku usaha.

 


Kunjungi : 

  1. STIAMI 
  2. E-Commerce
Contact Business 
Email : nazwasyifasatibi@gmail.com 

Comments